Jumat, 25 Februari 2011

KONSEP KOMUNIKASI DAN TELEKOMUNIKASI SERTA KOMUNIKASI ANTAR KOMPUTER ATAU COMPUTER NETWORK ATAU DATA COMMUNICATION


1.    Rabu, 04 Maret 2009
Sumber                             : Raymond McLeod, “Sistem Informasi Manajemen”
Sub Pokok Bahasan         : KONSEP KOMUNIKASI DAN TELEKOMUNIKASI SERTA     
                                            KOMUNIKASI  ANTAR KOMPUTER ATAU COMPUTER
                                            NETWORK ATAU DATA COMMUNICATION
Bicara tentang SIM terkait dengan teknologi informasi karena teknologi merupakan alat untuk mengelola sistim informasi . Manusia hidup di dunia ini dikelilingi dengan informasi yang berawal dari data bisa berupa signal, suara, angka, huruf atau lambang-lambang untuk diolah menjadi informasi yang akan dikomunikasikan oleh komunikator melalui suatu media untuk komunikan. Agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar bahasa yang digunakan harus dapat dimengerti oleh komunikan sehingga akan diperoleh efek dari komunikasi tersebut.
Tanpa disadari aktivitas sehari-hari kita dengan pakaian yang kita kenakan, kita sudah mengkomunikasikan kepada komunikan terkait status kita, apakah pegawai negeri, mahasiswa, atau pelajar, dlsb, Dalam keseharianpun kita tidak terlepas dengan komunikasi baik antar persona maupun intra persona. Menurut penelitian bahwa sekitar 70% hidup manusia diisi dengan berkomunikasi. Manusia sebagai makhluk social memerlukan interaksi dengan orang lain untuk keberlangsungan hidupnya, artinya komunikasi sangat penting untuk manusia.
Bernard & Carry A. Stainer menyebutkan bahwa komunikasi adalah
penyampaian informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dsb dengan menggunakan lambang-lambang (kata-kata, gambar, bilangan, grafik, dll)
Who                 : Siapa yang menyampaikan informasi
What                : Apa yang ditulisnya
Whom             : Kepada siapa (komunikan) yang dituju
Which  channel : menggunakan media apa
Effect              : terhadap pengguna informasi
Siklus komunikasi dapat dipaparkan pada gambar di bawah ini :

KOMUNIKASI DATA
Informasi berasal dari data yang bersifat abstrak bisa berupa suara, lambang, atau signal. Menurut  saya komunikasi data adalah pengtransmisian data yang mempunyai nilai dan telah dirubah dalam bentuk digital.
Komunikasi data tidak bisa terlepas dengan peralatan teknologi yang disebut computer. Komputer ini merupakan media komunikasi data baik sebagai sumber informasi, atau pengolah data dan transmisi serta penyambungannya.
Komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara bahasa kedua belah pihak yaitu antara pengirim dan penerima. Penyesuaian ini hanya terjadi pada bagian depan (muka-muka). Perangkat yang melakukan penyesuaian ini disebut perangkat antar muka (interface).
Data yang dikirim dalam bentuk signal digital (bit stream). Maka dapat diidentifikasi kapan mulai terjadi aliran data, berapa panjang, bentuk, dan tujuannya.
Komputer mempunyai fasilitas-fasilitas yaitu :
1.    Prosesor (CPU=Central Processing Unit)
merupakan tempat pengolahan data. Prosesor ini juga mengarahkan dan mengontrol pergerakan data dari lokasi ke lokasi lain di dalam computer. Kombinasi kecepatan prosesor (yang diukur dengan banyaknya siklus / cycles yang terjadi dalam satu detik) dan ukuran kata meningkatkan kekuatan komputasi.
2.    Memori
Data disimpan dalam computer yaitu pada memori dan penyimpanan. Memori (memory) disebut juga penyimpanan primer (primary strorage atau random access memory / RAM)
3.    Penyimpanan (storage)
Penyimpanan pada computer mempunyai media dan karakteristik yang berbeda. Hard drive pada computer mikro umumnya berkapasitas 5 GB sampai 80 GB. Dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan pendeknya usia siklus teknologi maka harganya tidak mahal setelah muncul teknologi informasi yang lebih baru lagi.
Removable Storage adalah media penyimpanan yang dapat dipindahkan dari satu computer ke computer lain. Contoh ; CD-RW, CD, DVD, Flashdisk, Harddisk external.
4.    Perangkat input-output
Perangkat input computer adalah human capture input merupakan hal yang sangat penting karena memberikan mekanisme langsung bagi para pengguna untuk mengontrol computer. Sebagian besar data yang diperlukan aslinya tidak dalam bentuk yang dibaca mesin sehingga proses memasukkan data oleh pengguna ke dalam computer menjadi sangat penting.
Perangkat output computer adalah layar computer ( computer screen atau monitor ) dan printer
Komputer dapat dimanfaatkan sendirian (stand alone) artinya tidak terkait dengan computer lainnya, untuk memberikan data, menghitung, menemukan kembali informasi (retrieval information).
Komunikasi Data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.
Sistem Komunikasi Data adalah jarigan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
Bagaimana seharusnya organisasi merancang jaringannya?
Perancangan jaringan harus didasarkan pada prasyaratan informasi organisasi dan jarak yang dibutuhkan untuk transmisi. Ada 3 tipe jaringan yang umum digunakan yaitu:
a.    Jaringan bintang terdiri dari komputer host yang terhubung ke sejumlah komponen komputer atau terminal yang lebih kecil.; diantara topologi jaringan, jaringan bintang yang banyak di pakai di instansi-instansi atau perkantoran karena lebih menguntungkan dimana masing-masing computer tidak tergantung dengan computer lainnya sehingga apabila ada trouble akan segera bisa diperbaiki tanpa mengganggu computer lainnya.
b.    Jaringan bus menghubungkan sejumlah komputer melalui satu saluran yang terbuat dari kawat terpilin, kabel koaksial atau kabel fiberoptik. Topologi jaringan bus terbagi 2 sisi atau deret, sehingga bentuknya menyerupai bus, kelemahan jaringan ini apabila pada salah satu sisi terdapat satu computer saja yang rusak atau bermasalah maka pada satu deret atau sisi tersebut menjadi tidak dapat berfungsi.
c.    Jaringan cincin tidak tergantung pada komputer host dan tidak perlu menjadi jenuh jika salah satu komponennya gagal fungsi, Pada jaringan cincin ini dikatakan bentuknya seperti cincin karena saling terkait tidak terdapat simpul sehingga tidak ada ujungnya. Kelemahan jaringan ini karena tidak ada simpulnya apabila terdapat kerusakan pada salah satu computer maka akan mencari satu persatu computer mana yang bermasalah sehingga kurang efisien.

Muncul untuk menggantikan komputer besar. Dirancang untuk melingkupi suatu daerah yang kecil. Menggunakan peralatan berkecepatan lebih tinggi daripada WAN . Hanya terdiri atas sejumlah kecil komputer.

LAN (Local Area Network) adalah sekumpulan komputer dan perangkat-perangkat lainnya yang saling berhubungan melalui suatu medium yang sama.
LAN khususnya menghubungkan komputer-komputer yang berjarak dekat secara fisik.

Gambar 1. LAN (Local Area Network) 







 Gambar 2. WAN (Wide Area Network)

 
Menghubungkan daerah yang lebih luas. Lebih lambat, dihubungkan oleh router melalui jaringan telepon.









LAYANAN JARINGAN

 
Layanan
Keterangan
Bandwidth
X25
Standar paket switchig yg membungkus data menjadi paket2 sebesar 128 byte
Sampai 1.544 Mbps
Frame Relay
Paket2 data dlm bentuk frame utk trasmisi kecepatan tinggi melalui saluran terpercaya namun tdk menggunakan rutin2 kesalahan
Sampai 1.544 Mbps
ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Membungkus data dalam bentuk sel2 yg seragam shg memungkinkan transmisi kecepatantinggi untuk suara, data, gambar, dan video antar beragam jenis komputer
25 Mbps – 10 Gbps
ISDN
Standar akses jaringan dial-up digital yang bisa mengintegrasikan usra, data, dan layanan video
Basic Rate IDSN : 128 Kbps; Priary Rate IDSN : 1,5 Mbps
DSL (Digital Subcribber Line)
Serangkaian teknologi untuk transmisi kecepatan tinggi melalui kawat tembaga
ADSL sampai 9 Mbps untuk menerima dan sampai 640 Kbps untuk mengirim data ; SDSL sampai 3 Mbps untuk mengirim dan menerima data
TI
Koneksi telepon khusus dengan 24 saluran untuk transmisi kecepatan tinggi
1.544 Mbps
Modem kabel
Layanan untuk transmisi data kecepatan tinggi melalui saluran TV kabel yang bisa dibagi pakai oleh banyak pengguna
Sampai 4 Mbps






 




























TELEKOMUNIKASI
Adalah komunikasi informasi dalam bentuk elektronik, biasanya dilaksanakan secara jarak jauh.
KOMPONEN INTI SISTIM TELEKOMUNIKASI
1)    Komputer untuk memproses informasi
2)    Terminal atau perangkat input/output yang bisa mengirim atau menerima data
3)    Saluran komunikasi, yaitu hubungan yang menyalurkan data atau suara antara perangkat pengirim dan penerima dalam jaringan. Saluran komunikasi menggunakan beragam media komunikasi seperti saluran telepon, kabel koaksial, kabel fiber-optik dan transmisi nirkabel.
4)    Prosesor komunikasi yang memberi dukungan untuk transmisi dan penerimaan data
5)    Perangkat lunak komunikasi, yang mengendalikan aktivitas input dan output dan mengelola fungsi lainnya dari jaringan komunikasi 
KOMPONEN DAN FUNGSI SISTEM TELEKOMUNIKASI






















GSM & CDMA pada dasarnya alokasi frequensi spectrum
Penggabungan komputer dan komunikasi pasti mempunyai suatu pengaruh dalam sistem komputer yang telah tertata.
Model single computer lama melayani semua computer membutuhkan penempatan ulang secara cepat satu per satu di mana nomor besar terpisah tetapi computer bekerja saling terhubung / berkaitan. Sistem ini disebut jaringan computer (computer network)
Jaringan computer dalam arti sebuah koleksi terhubung dari computer otonom. Dua computer saling terhubung dan mereka mampu saling bertukar informasi.
Di dalam pandangan kami suatu sistem terdistribusi adalah suatu kasus jaringan, yang khusus dengan  tingkat terpaduan dan transparan tinggi
PENGGUNAAN JARINGAN KOMPUTER
Sebelum kita mulai untuk menguji isu-isu yang teknis secara detil, Hal ini adalah pemberian nilai yang kadangkala untuk menunjukkan mengapa orang-orang tertarik akan jaringan komputer, dan mereka dapat menggunakannya.
SASARAN JARINGAN
Dua kekuatan yang menyebabkan sistem computer dipusatkan ke sebuah jaringan adalah :
1.    Beberapa organisasi selalu mempunyai computer yang operasionalnya  sering pada lokasi yang jauh terpisah atau terbagi.
Contoh sebuah perusahaan yang mempunyai pabrik di beberapa tempat sehingga untuk memonitor produksi, persediaan dan lain-lain dapat dilakukan jaringan computer.
Memasang format sasaran yang lebih umum untuk membuat semua program, data, dan sumber daya lain yang tersedia bagi siapapun di jaringan tanpa memandang kepada lokasi fisik dari sumber daya dan pengguna Dengan kata lain bahwa lokasi tidak menjadikan masalah dengan dilakukannya jaringan komputer, sehingga dapat dilakukan resource sharing antar computer.
2.    Sasaran yang ke dua adalah untuk menentukan pencapaian yang tinggi oleh sumber daya alternative dari persediaan. Komputer yang tidak terhubung, jika mesin bermasalah karena kegagalan perangkat keras, sebagai contoh para pemakai lokal yang tidak beruntung meskipun kapasitas komputasi mungkin ada substansiil yang tersedia di tempat lain. Dengan jaringan yang sementara hilangnya suatu komputer adalah sangat sedikit serius karena para pemakainya dapat sering kali diakomodasikan di tempat lain sampai layanan dipulihkan. Dengan kata lain apabila terjadi masalah dengan computer local yang tidak terhubung dengan jaringan dapat di selesaikan masalahnya dengan computer yang terhubung dengan jaringan.
JARINGAN APLIKASI
Keuntungan utama dari bangunan suatu sistim yang besar dari mesin-mesin yang yang lebih kecil,  dilokalisir  dibahas atas :suatu rasio harga/performance yang baik, penurunan atas kegagalan, dan kenaikan pertumbuhan. Biasanya, penempatan ulang mainframe tunggal oleh suatu jaringan lokal ditempatkan dalam satu ruang; atau kamar tidak membuat setiap aplikasi-aplikasi yang mungkin yang baru, kecuali untuk  dapat mengambil keuntungan ke depan dari setiap komputasi yang tersedia, tetapi ini bukanlah satu pengaruh dari sifat yang dibagi-bagikan dari sistim, tetapi hanya kecepatannya yang total.
1.    Induk sebuah perangkat lunak menghasilkan suatu program yang berharga dan mungkin mengijinkan klien-kliennya untuk masuk ke dalam jaringan dan menjalankan program tersebut.
2.    Area utama dari penggunaan potensi jaringan yang lain adalah akses ke pangkalan data pada lokasi yang jauh.
3.    Kategori ke tiga dari penggunaan potensi jaringan yang tersebarluas adalah seperti layaknya sebuah media komunikasi.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar